Literasi TIK adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan atau jaringan dalam mendefinisikan(Define), mengakses(Access), mengelola(Manage), mengintergrasikan(integrate), mengevaluasi(evaluate), menciptakan (create) dan mengkomunikasikan(communicate) informasi secara baik dan legal  dalam rangka membangun masyarakat berpengathuan.

 

KELEBIHAN TIK

TIK memiliki manfaat di kehidupan di berbagai bidang, seperti :

  • Sosial : membantu/mempermudah dalam berkomunikasi dengan kerabat dan keluarga tanpa terbatas ruang dan waktu, sehingga tidak harus bertemu dan bertatap muka langsung
  • Pendidikan : membantu proses belajar, dimana segala informasi yang terkait dengan pendidikan dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat
  • Hiburan : menawarkan konten hiburan (game, film, video, musik) yang dapat menghilangkan kejenuhan, serta dapat mengasah atau membentuk pola fikir
  • Ekonomi : mempermudah dalam menjalankan aktifitas perekonomian, seperti transaksi perbankan, perdagangan, proses administrasi
  • Pemerintahan : mempermudah menyampaikan kebijakan program atau regulasi yang berlaku dan memberikan keterbukaan kepada masyarakat untuk memberikan pendapat
  • Politik : mendorong timbulnya proses demokrasi, melancarkan proses pemilu, kampanye, hubungan diplomatik
  • Hukum : keterbukaan informasi terkait undang-undang dan pelayanan publik, membantu menangkap pelaku kejahatan (pengecekan IP, penyadapan, tracking history, dll)

KEKURANGAN TIK

Disamping kelebihannya TIK pun memiliki kekurangan, seperti :

  • Kontrol Konten : Kontrol konten ini mengacu kepada informasi yang dibuat / dibagikan oleh seseorang yang bisa saja belum tentu kebenarannya, sehingga dapat menimbulkan penyalahgunaan TIK akibat kurangnya kontrol atas konten yang dibuatnya.
  • Kebebasan Berekspresi : Hal ini dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan para pengguna TIK yang lain, akibatnya banyak terjadi perdebatan yang tidak sehat di media sosial karena kebebasan berekspresi yang terlewat batas.
  • Ancaman Keamanan : Pada poin ini, lebih condong kepada akibat yang ditimbulkan dari poin – poin kekurangan TIK sebelumnya dalam penggunaan TIK. Akibat terlalu berlebihan dan membuat konten yang menyimpang dan tidak terkontrol, bisa saja akan terjadi ancaman keamanan terhadap pengguna TIK yang lain.

SEJARAH KOMPUTER

  • Generasi pertama pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
  • Generasi ke dua pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
  • Generasi ke tiga pada tahun 1958 Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit).IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
  • Generasi ke empat Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
  • Generasi ke lima mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

ARSITEKTUR SISTEM

Ada perangkat lunak (software) dan perangat keras (hardware)

Perangkat keras, adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya

Perangkat lunak, adalah yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

 

INTERNET

Interconnection network atau internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan lainnya.

 

SEJARAH INTERNET

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

 

LITERASI ABAD 21

  • Literasi Media bisa menjadi sumber informasi terbaru seperti sosial media yang mudah di akses
  • Literasi data mengolah data menjadi informasi dan pengetahuan dalam Literasi TIK
  • Literasi dan ketrampilan lain saling terkait dan dapat saling dimanfaatkan/digunakan