EVALUASI INFORMASI

Karakteristik yang harus dipertimbangkan saat mengevaluasi sumber   informasi  :

  • Authority
  • Timeliness
  • Relevancy
  • Quality
  • Respective

      AUTHORITY

  1. Penulis dengan gelar pendidikan yang tinggi.
  2. Jumlah dan tipe literatur (sesuai minat penulis) sudah dibuat sebelumnya.
  3. Cari tahu profil situs web, penerbit atau organisasi yang menerbitkan artikel atau buku.
  4. Sumber terpercaya.

      TIMELINESS

  1. Pastikan tanggal publikasi.
  2. Jika menggunakan buku pastikan edisi terbaru.
  3. Sumber terpecaya.
  4. Untuk beberapa kasus, sumber yang lama dapat terus digunakan.
  5. Tanggal publikasi umumnya terletak di halaman judul.
  6. Pastikan informasi asli atau revisi.
  7. Pastikan informasi diperbaharui secara berkala.

     

 

 

        RELEVANCY

  1. Konten sesuai tujuan.
  2. Diwakili beberapa prespektif.
  3. Pokok pikiran dari konten.

 

 

        QUALITY

  1. Tanda baca,ejaan,tata bahasa benar.
  2. Informasi asli (bukan hoax).
  3. Informasi terstruktur.
  4. Informasi original bukan hasil copy paste.

                             

 

        BIAS

  1. Carilah sumber-sumber tulisan yang mempertimbangkan berbagai perspektif sebagai lawan dari sumber-sumber bias yang menyajikan bukti untuk satu perspektif.
  2. Tujuan penulisan bersifat komersil.
  3. Jika sumber hanya mewakili sudut perspektif tertentu, sebaiknya Anda membaca sumber tambahan yang mewakili dan memberikan bukti untuk perspektif lain.

 

 

         PROSES PENCARIAN INFORMASI

Proses pencarianinformasiadalahserangkaianlangkah-langkahfisikdanintelektual yang dibutuhkansetiap orang untukmenyelesaikansuatutugasindormasiSetiaplangkahbiasanyamembutuhkanpenggunaanbeberapaketerampilaninformasi. Proses iniumumnyamerupakanbagiandaripembelajarandanpemecahanmasalah.

 

           CARA MENCARI INFORMASI

 

      Kuhlthaus

  • Task
  • Thoughts
  • Feelings
  • Actions
  • Strategies

      Flip It!

  • Focus
  • Links
  • Input
  • Properties

      Alberta Inquiry

  • Planning
  • Retrieving
  • Processing
  • Creating
  • Sharing
  • Evaluating

        BIG 6

  • Plan
  • Do
  • Review